Bacaan Alkitab Selasa, 02 Juli 2024: 2 Samuel Pasal 14 dan 15

Bacaan Alkitab Selasa, 02 Juli 2024: 2 Samuel Pasal 14 dan 15

Gtpministries.org – Dalam Pasal 14, Yoab, panglima tentara Daud, mengirim seorang perempuan dari Tekoa untuk berpura-pura berkabung. Dia memohon kepada raja agar mengizinkan Absalom, anak Daud yang telah dibuang, untuk kembali ke Yerusalem. Meskipun awalnya Yoab enggan bertemu dengan Absalom, akhirnya Absalom membakar ladang Yoab sebagai protes. Akhirnya, Daud mengizinkan Absalom kembali ke Yerusalem, tetapi tidak langsung menerima dia. Setelah dua tahun, Absalom dapat bertemu dengan raja, dan mereka berbaikan.

Di Pasal 15, Absalom berusaha merebut takhta dari ayahnya. Dia pergi ke Hebron dan memulai pemberontakan, menyatakan dirinya sebagai raja di sana. Banyak orang Israel memihak Absalom, dan Daud serta pengikutnya terpaksa melarikan diri dari Yerusalem. Selama pelarian, Daud bertemu dengan Zadok dan Abyatar, meminta mereka membawa Tabut kembali ke Yerusalem jika TUHAN mengizinkan. Pasal ini juga menyoroti kesetiaan beberapa tokoh kepada Daud, seperti Ittai orang Gat, Zadok dan Abyatar para imam, serta Husai, sahabat Daud yang berpura-pura mendukung Absalom untuk memata-matai.

Rekonsiliasi dan pengampunan menjadi penting dalam menjaga hubungan keluarga yang harmonis, sementara ambisi dan pengkhianatan dapat membawa kehancuran. Kesetiaan dari pengikut dan nasihat bijak juga krusial dalam menjaga stabilitas dan kesuksesan kepemimpinan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *