Mereka yang Dipilih oleh Allah

Mereka yang Dipilih oleh Allah

Gtpministries.org Konsep “orang pilihan Allah” adalah tema yang sering muncul dalam Alkitab dan ajaran Kristen. Ini merujuk kepada mereka yang dipanggil dan dipilih oleh Allah untuk menjadi bagian dari rencana dan tujuan-Nya yang lebih besar. Artikel ini akan mengupas pengertian dari “orang pilihan Allah,” ciri-ciri mereka, serta bagaimana mereka dipanggil untuk menjalani hidup sesuai dengan kehendak Allah.

1. Pengertian “Orang Pilihan Allah”

Orang pilihan Allah adalah individu-individu yang dipanggil dan dipilih oleh Allah berdasarkan kasih dan rahmat-Nya, bukan karena perbuatan mereka sendiri. Konsep ini erat kaitannya dengan doktrin predestinasi dalam teologi Kristen, yang mengajarkan bahwa Allah telah memilih beberapa orang untuk diselamatkan dan untuk memenuhi rencana-Nya.

  • Kasih Karunia: Pilihan Allah didasarkan pada kasih karunia, bukan pada perbuatan baik atau usaha manusia (Efesus 2:8-9).
  • Kehendak Allah: Allah memilih orang berdasarkan kehendak-Nya yang sempurna dan pengetahuan-Nya yang tidak terbatas.

Referensi Alkitab: Efesus 1:4-5 – “Sebab di dalam Dia Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya. Dalam kasih Ia telah menentukan kita dari semula oleh Yesus Kristus untuk menjadi anak-anak-Nya, sesuai dengan kerelaan kehendak-Nya.”

2. Ciri-Ciri Orang Pilihan Allah

Orang pilihan Allah menunjukkan beberapa ciri khas dalam hidup mereka, yang mencerminkan panggilan dan pemilihan Allah.

  • Iman yang Kokoh: Mereka memiliki iman yang kuat kepada Tuhan Yesus Kristus dan percaya sepenuhnya pada janji-janji-Nya.
  • Kehidupan yang Kudus: Mereka berusaha hidup dalam kekudusan dan kebenaran, menjauhi dosa dan mengikuti ajaran Yesus Kristus.
  • Buah Roh: Kehidupan mereka menghasilkan buah Roh seperti kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, dan penguasaan diri (Galatia 5:22-23).
  • Pelayanan kepada Sesama: Mereka melayani sesama dengan kasih dan kerendahan hati, mencerminkan kasih Kristus dalam tindakan nyata.

Referensi Alkitab: Kolose 3:12 – “Karena itu, sebagai orang-orang pilihan Allah yang dikuduskan dan dikasihi-Nya, kenakanlah belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemahlembutan dan kesabaran.”

3. Panggilan dan Tugas Orang Pilihan Allah

Orang pilihan Allah dipanggil untuk menjalani kehidupan yang memuliakan Tuhan dan menggenapi rencana-Nya di dunia.

  • Menyebarkan Injil: Mereka dipanggil untuk menjadi saksi Kristus, menyebarkan Injil dan membawa orang lain kepada iman dalam Yesus Kristus (Matius 28:19-20).
  • Mengasihi Sesama: Mereka dipanggil untuk mengasihi sesama, membantu mereka yang membutuhkan, dan hidup sebagai contoh kasih Kristus (Yohanes 13:34-35).
  • Menghasilkan Buah Roh: Mereka dipanggil untuk hidup dalam Roh Kudus dan menghasilkan buah yang mencerminkan karakter Allah (Galatia 5:22-23).
  • Menjaga Kekudusan: Mereka dipanggil untuk hidup kudus, menjauhi dosa, dan terus berjuang untuk hidup sesuai dengan kehendak Allah (1 Petrus 1:15-16).

Referensi Alkitab: 1 Petrus 2:9 – “Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib.”

4. Tantangan dan Penghiburan bagi Orang Pilihan Allah

Menjadi orang pilihan Allah tidak berarti hidup tanpa tantangan. Mereka sering menghadapi berbagai ujian dan kesulitan, tetapi mereka memiliki penghiburan dan kekuatan dari Allah.

  • Penganiayaan dan Ujian: Orang pilihan Allah sering mengalami penganiayaan dan ujian karena iman mereka, tetapi mereka dipanggil untuk tetap teguh dan setia (2 Timotius 3:12).
  • Penghiburan dalam Tuhan: Allah memberikan penghiburan, kekuatan, dan bimbingan melalui Roh Kudus dan firman-Nya (2 Korintus 1:3-4).
  • Janji Kehidupan Kekal: Mereka memiliki pengharapan akan kehidupan kekal bersama Allah, yang memberikan kekuatan untuk menghadapi segala tantangan (Roma 8:18).

Referensi Alkitab: Roma 8:28 – “Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.”

Kesimpulan

Orang pilihan Allah adalah mereka yang dipanggil dan dipilih oleh Allah untuk menjadi bagian dari rencana dan tujuan-Nya. Mereka menunjukkan iman yang kokoh, kehidupan yang kudus, dan pelayanan yang penuh kasih kepada sesama. Meskipun menghadapi berbagai tantangan, mereka memiliki penghiburan dan kekuatan dari Tuhan, serta janji kehidupan kekal yang memberikan pengharapan. Menjadi orang pilihan Allah adalah anugerah yang luar biasa, dan panggilan untuk hidup sesuai dengan kehendak-Nya adalah tugas yang mulia dan penuh berkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *